Headlines News :
Home » » Program Jangka Panjang Kemendikbud untuk SMA 6 & 70

Program Jangka Panjang Kemendikbud untuk SMA 6 & 70

Written By kampus kita on Jumat, 28 September 2012 | 20.40

Kampus Note - Selain jangka pendek, dibutuhkan pula sejumlah rencana yang harus dilakukan pada jangka panjang. Sebab, persoalan tawuran antarpelajar seperti yang terjadi antara SMA 6 dan SMA 70 beberapa waktu lalu bukanlah kali pertama melainkan terjadi sejak dulu dan terus terulang.  


Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (Dirjen Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad menyebutkan, terdapat tujuh langkah yang perlu dilakukan kedua sekolah dan pihak terkait untuk jangka panjang. "Pertama, penguatan pendidikan karakter. Kalau ada siswa yang bermasalah, langsung guru yang mengatasi," tutur Hamid dalam pertemuan dengan SMA 6 dan SMA 70 di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (28/9/2012).
 
Kemudian, lanjutnya, kedua sekolah perlu melakukan penguatan pendidikan ekstrakuliker. Sebab, pada dasarnya di kedua sekolah tersebut memiliki kegiatan ekstrakulikuler beragam dan dapat mewadahi mahasiswa dalam menyalurkan bakat dan mengisi waktu luang. "Di SMA 70 ada 25 kegiatan ekstrakurikuler sementara di SMA 6 ada 21. "Sehingga akan membantu Bulungan Cup-Mahakam Festival," ungkapnya.
 
Ketiga, paparnya, mengadakan dan memperkuat program-program join activity. Menurut Hamid, dengan memperkuat program seperti itu akan dapat menghilangkan gap antar siswa di kedua sekolah.
 
Sementara itu, langkah keempat adalah penegakan disiplin sekolah sehingga tidak ada tawar menawar dalam hal kedisplinan. "Lima, adakan penataan lingkungan di SMA 6 dan SMA 70. Contoh paling parah, wajah SMA 6 itu tidak terlihat. Mohon ajukan hal ini ke walikota," imbuh Hamid.
 
Keenam, kata Hamid, adakan konsulidasi alumni. Hal ini dilakukan untuk menghindari interfensi alumni yang baru. Terakhir, masing-masing sekolah harus mmpu menciptakan budaya sekolah menyenangkan, sehat, rapi, dan damai. "Karena kami akan menjadikan SMA 70 dan SMA 6 sebagai model untuk menciptakan kedamaian," tandasnya.
(mrg)(//mlk)


Sumber : Okezone.com
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Student Group
Copyright © 2011. kampusnote.com - All Rights Reserved